Slide # 1

Slide # 1

Far far away, behind the word mountains, far from the countries Vokalia and Consonantia, there live the blind texts Read More

Slide # 2

Slide # 2

Far far away, behind the word mountains, far from the countries Vokalia and Consonantia, there live the blind texts Read More

Slide # 3

Slide # 3

Far far away, behind the word mountains, far from the countries Vokalia and Consonantia, there live the blind texts Read More

Slide # 4

Slide # 4

Far far away, behind the word mountains, far from the countries Vokalia and Consonantia, there live the blind texts Read More

Slide # 5

Slide # 5

Far far away, behind the word mountains, far from the countries Vokalia and Consonantia, there live the blind texts Read More

Minggu, 07 September 2014

LANGKAH-LANGKAH PERBAIKAN KOMPUTER JIKA TERJADI KERUSAKAN

A. langkah-langkahnya untuk memperbaiki komputer yang terkena bluescreen:

perbaikan_komputer


1. periksa kondisi komputer
sebelum melakukan trubleshooting, yang harus dilakukan adalah memeriksa kondisi secara umum yaitu:
  • periksa kebersihan cpu
  • pastikan komponen komponen (seperti ram,vga,konektor power supply) sudah terpasang dengan benar
2. "safe mode" gunakan mode 
langkah berikutnya adalah menjalankan windows dalam mode "safe mode" yang merupakan salah satu pilihan menu advance boot option windows xp, yaitu dengan menekan tombol F8 secara berulang-ulang. pada sistemnya akan melakukan stratup. jika windows berhasil masuk ke "safe mode", lakukan trubleshooting:
  • bersihkan hardisk dari virus,spyware,mallware dan lain lain
  • uninstall driver yang bermasalah 
  • jika perlu uninstall dulu program antivirus yang terpasang, jika kondisi komputer sudah normal bisa diinstal kembali da pastikan database engine-nya selalu up to date.
  • juga bisa menggunakan utillity "system restore" untuk mengembalikan settingan komputer ke kondisi sebelumnya , caranya klik start, all program, accessories, system tools, dan sytem restore.
3. periksa kondisi hardisk
kondisi hardisk juga bisa mengakibatkan blucsreen, oleh sebab itu perisaklah kondisi hardisk dengan menjalankan perintah chekdisk. dan untuk pencegahan sebaikanya juga menggunakan beberapa aplikasi untuk mengecek kondisi hardisk. jalankan juga program defragmentasi untuk memastikan hardisk bekerja secra optimal.
4. repair sistem operasi windows
bluescreen terjadi karena ada beberapa file windows yang corrupt, dan untuk mengawasinya cara yang paling mudah adalah dengan melakukan repair pada sistem operasi windows  tersebut.
5. gunakan lah tools yang menganalisa penyebab terjadinya bluescreen
carilah dump file hardisk komputer yang mengalami bluescreen, biasanya di C:\WINDOWS\MINIDUMP lalu copy ke komputer anda dan jalankan aplikasi whocrashed bluescreen view yang merupakan program untuk mencari penyebab bluescreen.

B. langkah-langkah perbaikan jika terjadi restart terus menerus:

Untuk memperbaiki kerusakan komputer dengan indikator Sering Restart secara terus menerus, kita perlu melakukan tindakan untuk melokalisir kerusakan agar mudah dalam memperbaikinya. Tindakan melokalisir di sini adalah melokalisir kerusakan pada perangkat keras atau perangkat lunak. Dengan tindakan ini kita akan mengetahui dan dapat memastikan bahwa kerusakan kemungkinan besar terjadi pada perangkat keras maupun perangkat lunak. Melokalisir kerusakan ini untuk mempermudah dalam proses memperbaiki komputer yang sering restart.

Untuk melokalisir kerusakan, apakah kerusakan perangkat keras (hardware) ataupun perangkat lunak (software) silahkan ikuti caranya berikut ini.

1. Hidupkan komputer
2. Saat komputer mulai menampilkan pesan di monitor, tekan tombol DEL/F2 (untuk masuk ke menu BIOS
3. Biarkan tampilan menu BIOS beberapa menit untuk membuktikan bahwa komputer masih tetap restart atau tidak (5 menit).

Setelah melakukan tindakan di atas maka kita sudah bisa menyimpulkan kerusakan komputer dan kita sudah bisa melokalisir kerusakan komputer baik pada hardware maupun apda software.

Hasil Lokalisir yang disimpulkan adalah apabila komputer tidak restart dengan sendirinya selama 5 menit yang ditargetkan di atas maka kerusakan bisa dipastikan terjadi pada perangkat Lunak (sistem operasi). Sedangkan apabila sebelum 5 menit komputer sudah restart dengan sendirinya maka dapat dipastikan bahwa kerusakan atau permasalahan terjadi pada perangkat keras.

Langkah Penyelesaian Apabila Komputer Restart
1. Apabila kerusakan pada software sistem opereasi sebaiknya lakukan tindakan repair Operating System yang terinstall, apabila tidak berhasil juga dalam merepair Operating System (OS) maka langkah terakhir harus installasi ulang OS-nya.
2. Apabila kerusakan pada perangkat keras maka lakukan perbaikan dengan mencoba untuk mengganti perangkat keras pengganti, seperti mengganti memori yang terpasang dengan memori yang baru, mengganti power supply dengan power supply yang baru atau menanggalkan perangkat keras yang terpasang seperti
 CD-ROM/DVD-ROM/CD-DVD-RW dan sebagainya.






















C. langkah-langkah perbaikan jika tejadi komputer mengalami hank

 1. Komputer Hang karena CPU kepanasan (overheating)


Sebagian komputer menjadi hang, karena sistem pendingin pada CPU tidak berjalan dengan baik. Untuk menanggulangi hal ini ada beberapa cara yang bisa kita lakukan :
  1. Buka heatsing dan kipas processor secara hati - hati.
  2. Bersihkan sirip-sirip pendingin dan fan processor dari debu, kalau fan macet beri minyak pelumas sedikit pada bagian poros kalau perlu ganti fan dengan yang baru.
  3. Bersihkan thermal paste yang sudah kering yang menempel pada processor dan heatsink, ganti dan oleskan thermal paste yang baru.
  4. Masukan lagi processor, heatsink serta fan kedalam dudukannya secara hati-hati.
  5. Perhatikan posisi heatsink (logam pendingin) dan kipas Processor, pastikan kondisi Heatsing sudah terpasang secara benar terutama untuk tipe Heatsing untuk Processor socket LGA, perhatikan kondisi tiap-tiap sekrup yang terpasang.
CPU kotor penuh debu penyebab komputer hang

2. Komputer hang karena Power Supply kekurangan daya

Ada kalanya juga komputer hang karena Power Supply yang sudah rusak, meskipun tidak menyebabkan mati total, kekurangan daya pada power supply bisa menyebabkan kinerja komputer melambat bahkan komputer menjadi hang dan beberapa peralatan USB tidak terdeteksi atau tidak berfungsi.

3. Komputer hang karena masalah pada hardisk

Ada beberapa masalah pada hardisk yang menyebabkan komputer hang, diantaranya adalah :
  • Kapasitas Hardisk Low Space.
    Untuk mengatasinya kita jalankan dulu Disk CleanUp untuk membersihkan hardisk dari file-file temporary atau file sampah. Cara menjalankan Disk Cleanup :  klik start – run – ketik : cleanmgr
  • Data pada Hardisk terpragmentasi sehingga perlu di defrag.
  • Hardisk Bad Sector.
    Saya pernah mengalami kejadian dimana setelah Windows booting semua tampak berjalan normal, tetapi ketika membuka sebuah dokumen dan mulai bekerja, tiba-tiba mouse dan keyboard diam, komputer menjadi hang!!!. Sayapun kemudian mencopot hardisk tersebut dan memasangkannya pada komputer lain kemudian menjalankan program checkdisk untuk memeriksa dan memperbaiki keruksakan pada  hardisk tersebut. Setelah hardisk selesai diperbaiki kemudian dipasangkan kembali pada komputer sebelumnya dan Alhamdulillah kondisi komputerpun normal kembali.
4. Komputer hang karena VGA Card rusak

Beberapa komputer juga mengalami hang karena terdapat keruksakan pada katu VGA-nya. Hal ini juga pernah saya alami ketika seorang teman mengeluhkan kondisi komputernya yang tiba-tiba aja menjadi sering hang. Setelah saya cek ternyata heatsink pada kartu VGA terasa panasnya tidak normal, untuk itu sayapun kemudian mengganti kartu VGA tersebut dan ternyata setelah kartu VGA saya ganti kondisi komputer menjadi normal kembali.

5. Komputer hang karena masalah Memori.

Memori (RAM) yang rusak atau kapasitas memori yang kurang sering juga menjadi faktor komputer menjadi hang. Periksalah kembali memori aktual yang terpasang dengan kapasitas memori yang terbaca oleh komputer, sebab ada kalanya kita memasang beberapa keping memori tetapi yang terbaca hanya satu keping saja. Beberapa memori yang digunakan tetapi tidak identik (sama tipe dan kapasitasnya) bukannya malah mempercepat komputer tetapi malah memperlambat dan membuat hang komputer Anda.

6. Komputer hang karena koneksi LAN

Untuk komputer yang terhubung ke jaringan, kadang kala terasa berat ketika mengakses data dari komputer lain, program berjalan lambat dan akhirnya komputer seakan-akan menjadi hang. Untuk memastikan komputer hang karena koneksi jaringan (LAN), lepaskan dulu kabel jaringan pada komputer kemudian jalankan komputer seperti biasa. Apabila semua berjalan secara normal dapat dipastikan komputer hang karena koneksi jaringan.

Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah:
  • pastikan konektor RJ45 terpasang dengan benar, bila perlu lakukan crimping ulang.
  • gunakan perintah ping untuk memeriksa koneksi jaringan
    contoh perintah: ping -l 200 192.168.0.1
  • lakukan reset pada hub (switch) LAN, caranya bisa dengan mencabut kabel power Hub/Switch tersebut, tunggu beberapa saat kemudian masukan kembali.
  • cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memindahkan kabel jaringan dari port yang satu ke port yang lain (biasanya ada beberapa port dalam hub yang menjadi rusak karena masalah-masalah tertentu).
  • troubleshooting yang juga bisa kita lakukan adalah dengan mengganti kartu jaringan (LAN Card) dengan yang baru.
7. Komputer hang karena adanya Virus komputer

Aktifitas dari virus yang memakan banyak resource komputer sering menyebabkan komputer melambat bahkan menjadi hang. Cara ampuh untuk membersihkan komputer dari virus adalah dengan booting komputer dan pilih safe mode, lalu scan komputer dengan antivirus scanner seperti malwarebytes, norman malware scanner, trend micro system cleaner atau dengan menggunakan anti virus live cd Untuk panduan pembersihan virus secara total bisadibaca pada ebook

8. Komputer hang karena driver yang tidak cocok

Driver hardware yang tidak cocok dengan hardware yang terpasang atau driver yang tidak cocok dengan sistem operasi yang digunakan bisa menyebabkan komputer hang atau bahkan komputer blue screen. Untuk mengetahui driver yang harus diinstall kita bisa menggunakan Driver easy atau menggunakan DVD DriverPack Solution.

9. Mencari penyebab komputer hang dengan WhatIsHang

Selain karena pernasalahan hardware seperti diatas, komputer hang sering terjadi karena masalah software. Untuk menentukan apa yang menyebabkan masalah atau bagaimana untuk memecahkan masalah komputer hang tersebut kita bisa menggunakan aplikasi WhatIsHang -http://goo.gl/FHucLy

Aplikasi ini mencoba untuk mendeteksi perangkat lunak atau proses yang sedang digantung, dan menampilkan beberapa informasi yang dapat memungkinkan Anda untuk memilah dan memahami apa sebenarnya yang menjadi akar dari perilaku tak terduga tersebut.

Sebagian besar informasi yang ditampilkan dalam laporan WhatIsHang itu, seperti Call Stack, Data Stack, Register Processor, dan Data memori dirancang untuk pengguna dengan pengetahuan pemrograman Windows. Namun, WhatIsHang juga menyajikan daftar string dan file .dll terkait dengan masalah menggantung yang dapat membantu pengguna awam untuk memahami dan mengatasi penyebab komputer hang.

 D. langkah-langkah perbaikan jika terjadi komputer keluar jendela yang menginformasikan kalu O/S corrupt






 Cara Mengatasi Komputer yang error saat booting dan loading windows melakukan looping serta restart beerulang kali merupakan topik yang akan dibahas My Repair Solution ( Solusi Masalah Komputer ). Ketika kita menggunakan software yang tidak sesuai tentu akan membuat sistem mengalami kesulian untuk mencocokkannya dengan perangkat keras (hardware).

Beberapa penyebab gagal booting dan hanya bisa masuk ke BIOS :


  1. Menggunakan Activator Windows 7 yang tidak sesuai.
  2. Memakai aplikasi Windows 7 Loader yang tidak sama dengan tipe Motherboard dan sistem komputer kalian.
  3. Proses uninstalling yang tidak selesai seperti Uninstall Deep Freeze.
  4. Terinfeksi oleh virus Sality atau lainnya.
  5. Saat proses pengupdatean mesin Windows Update, tiba tiba komputer mati, listrik padam / mati lampu, deep freeze terbuka kemudian tertutup lagi sehingga proses update tertunda dan berulang ulang.
  6. Mengganti salah satu komponen Registry pada regedit.exe di HKEY LOCAL MACHINE atau terjadi corrupt.
  7. Proses Kegagalan Booting karena tingkat kepanasan dari hardware atau terjadi crash Master Boot Record (MBR).
This is generally most useful if you’ve broken something and there’s a boot loader error, or if you have made the mistake of installing an older version of Windows on the same PC that already has Windows 7 which wipes out the boot loader.

Permasalahan diatas sebenarnya dapat diselesaikan tanpa harus melakukan install ulang. Langkah awal adalah dengan cara Masuk ke bagian Safe Mode dan lakukan pengubahan terhadap apa yang anda lakukan sebelumnya sebelum masalah tersebut terjadi.

Cara Masuk ke Safe Mode :
  • Restart komputer, laptop, atau notebook anda.
  • Setelah muncul BIOS atau tampil merk tipe dan nama laptop anda, tekan F8 secara berulang ulang.
  • Maka akan muncul panel yang berisi banyak menu.
  • Pilih Safe Mode, jangan pilih Safe Mode Networking atau Safe Mode with Command Prompt.
Apabila belum dapat terselesaikan juga, saatnya melakukan langkah yang sedikit rumit lagi. Pada proses ini, anda membutuhkan kaset CD/DVD Operating System Windows 7 bisa asli atau tidak. Hal yang terpenting adalah harus memiliki kesamaan tipe seperti Ultimate, Professional, Home Basic, Startup, Enterprise, dll.

Tidak hanya CD/DVD, jika anda mempunyai installer di flashdisk, itu juga bisa digunakan.

Agar windows anda dapat berjalan dengan normal dan tidak looping terus dapat mengikuti cara berikut :

1. Hidupkan komputer atau laptop anda.

2. Pada saat muncul tampilan BIOS, tekan F12 atau F2 untuk merubah setting Booting. Tampilan BIOS contohnya adalah merk Processor dan Motherboard anda seperti ASUS,Toshiba,HP, dll.

3. Masukkan CD/DVD Master Windows 7 / Vista / XP anda.

4. Kemudian pada panel BIOS, pilih BIOS Configuration untuk mengubah First Boot menjadi ke CD/DVD. Sedangkan jika anda menggunakan flashdisk yang berisi OS Windows ubah First Boot menjadi USB.

5. Ganti First Bootnya dari Harddisk ( SATA ), menjadi CD /DVD dengan cara tekan enter lalu pilih. Atau gunakan F5 untuk menurunkan posisinya.

6. Setelah itu, tekan F10 untuk melakukan SAVE. Restart komputer anda, biasanya otomatis.

7. Setelah di restart akan muncul tulisan ' Press Any Key From Boot to CD/DVD . . . '
    Tekanlah tombol apapun pada keyboard anda, contoh tanda panah atas bawah kanan kiri.

8. Maka akan masuk ke installer Windows, lalu pilih Repair Your Computer.
repair computer
9. Tunggu beberapa saat, karena komputer akan melakukan cek sistem terlebih dahulu. Click Next.
system recovery options
10. Selanjutnya akan muncul jendela task yang memiliki 5 pilihan bagi anda. Anda dapat mencobanya satu persatu dari atas kecuali opsi Windows Memory Diagnostics.
Note : Pilih Startup Repair jika Windows anda masih normal. Jika Anda pernah melakukan backup silahkan pilih System Restore. Jika anda pernah melakukan restore point image, pilih System Image Recovery. Jika tidak keduanya pilih opsi Command Prompt.

recovery option tools
11. Untuk opsi terakhir yaitu menggunakan Command Prompt maka akan muncul kotak berwarna hitam seperti cmd / dos. Jangan takut terhadap tampilan ini, karena masalah diatas akan segera selesai.

12. Ketik DIR C:
Ini untuk memanggil semua data yang ada pada Local Disk C khususnya sistem agar dapat diakses dan diperbaiki.

13. Ketiklah salah satu opsi di bawah ini, mulailah dari yang paling atas terlebih dahulu. Lalu tekan ENTER. Jadi ketiknya satu persatu tidak sekaligus.

bootsect.exe/nt60 c:

bootsect.exe/nt60 all

bootrec /fixmbr

bootrec /fixboot

bootsect /nt60 all /force /mbr

Jika anda telah menemukan tulisan 'The operation completed succesfully' silahkan restart komputer. Jangan menulis semua perintah eksekusi diatas.

Contoh hasil pengembalian boot sector ke default :
boot sector recovery


bootrec windows 7
Jika telah melakukan semua perintah diatas, namun tidak ada yang berhasil, maka lakukan pemulihan pertama yaitu Startup Repair.
startup repair
E. langkah-langkah perbaikan jika komputer tidak dapat shutdown
 
Komputer tidak bisa shutdown alias komputer tidak mau mati, tidak mau “bobok” adalah masalah yang sangat sering terjadi. Yang paling stress adalah mereka yang termasuk kelas pemula. Ketika mencoba untuk log off, restart, atau shut down komputer berbasis Windows tidak memberi respon dan adakalanya proses shutdown ini hanya berjalan setengah perjalanan dan berhenti merespon sehingga komputer tidak benar-benar mati. Artinya Anda tidak bisa log off, tidak bisa restart, atau komputer tidak bisa shut down.
Jika Anda tidak mau pusing apa penyebabnya dan ingin segera mengatasi masalah ini, lalukan langkah-langkah berikut (langkah darurat):
  1. Klik Start Menu -> Run -> ketik regedit
  2. Buka HKEY_CURRENT_USER -> Control Panel -> Desktop
  3. Klik dua kali pada PowerOffActive dan ubah nilai nya menjadi 1
Apakah Anda tertarik untuk tahu penyebabnya? Lanjutkan baca artikel ini. Salah satu dari kasus berikut bisa jadi penyebabnya;
  1. Problem ini umumnya karena registry Fast Shutdown dalam kondisi aktif. Solusi; cobalah buka registry dan non-aktifkan Fast Shutdown.
  2. Setting pada BIOS. Saya pernah menemukan bahwa penyebabnya adalah setting tertentu pada BIOS. Solusi; ketika saya kembalikan setting BIOS keposisi default, ternyata komputer bisa dimatikan
  3. Perilaku ini juga sering terjadi jika jika Anda menginstal beberapa antivirus dalam satu komputer terutama misalnya versi Norton Antivirus 2003 dulu yang menggunakan program ccApp.exe. Solusi; hendaknya Anda selektif menggunakan antivirus apalagi memasang lbih dari satu antivirus sekaligus dalam satu komputer, hal itu lumayan rawan. Bisa saja justru terjadi perang antivirus dalam komputer Anda. Jalan keluar adalah uninstall dan install ulang antivirus.
  4. Masih ada program yang sedang berjalan. Solusi; Terutama pada windows XP jika masih ada program yang belum ditutup, biasanya komputer menunggu kita untuk menutupnya barulah ia shut down.
  5. Device driver tidak kompatibel, rusak, atau konflik antar mereka. Solusi; Periksa device driver yang mungkin Anda baru pasang jangan sampai ini penyebabnya.
  6. Ada kesalahan adaptor video pada IRQ dalam modus real. Solusi; ganti VGA card.
  7. Masalah ini juga terjadi pada komputer yang mendukung Advanced Power Management (APM). Secara default, fitur ini tidak diaktifkan pada Windows XP. Jika BIOS di komputer Anda sudah diatur untuk APM, dan Anda meng-upgrade ke Windows XP, Anda menerima pesan ini ketika Anda shutdown komputer, dan kemudian komputer berhenti merespons.
Solusi untuk nomor 7;
1. Klik [Start], dan klik lagi [Control Panel].
2. Dalam Control Panel, klik [Performance and Maintenance], kemudian klik [Power Options].
3. Klik tab [APM].
4. Beri tanda centang pada [Enable Advanced Power Management Support] kemudian klik [OK].
F.  langkah-langkah perbaikan jika driver sound tidak dapat digunakan

Periksa Komputer
Pastikan komputer Anda memiliki sound card baik on board maupun add on. Tanpa sound card tentu saja komputer tidak akan bisa berbunyi. Jika Anda memakai sound card jenis add on, pastikan bahwa hardware sound card terpasang dengan baik.
Periksa Device Manager
Langkah berikutnya, lakukan pengecekan pada Device Manager. Device Manager adalah fitur bawaan dari Windows yang dapat digunakan untuk melihat informasi driver dari semua hardware yang terinstal di komputer. Hardware yang sudah terinstal dan belum terinstal bisa Anda lihat di sini. Lalu, bagaimana cara mengeceknya? Caranya mudah, cukup klik kanan pada My Computer > Properties > Device Manager.
Setelah itu, Anda akan melihat informasi tentang hardware yang terpasang pada perangkat Anda. Jika auido belum terinstal, biasanya akan muncul tanda tanya berwarna kuning pada hardware tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, Anda cukup menginstal driver dari audio card. Tentu saja driver audio card tersebut harus yang sesuai dengan soundcard atau audio card yang Anda miliki. Jika Anda menggunakan sound card on board, Anda tinggal mencari CD Driver Mobonya. Di sana Anda akan menemukan drivernya lengkap. Jika driver sudah terinstal, maka akan muncul nama driver tersebut misalnya Realtek High Definition Audio.
Sekarang driver audio sudah berhasil di instal di komputer, tetapi kenapa komputer masih belum mengeluarkan suara? Tenang, Anda tidak perlu panik. Coba periksa di sebelah kanan taskbar Anda apakah sudah ada ikon audio berbentu speaker atau belum. Jika sudah ada, Anda bisa mencoba membuka Volume Mixer audio tersebut. Pastikan speaker tidak  dalam keadaan di disable. Setelah speaker aktif, maka Anda dapat menaikkan volume tersebut dan melihat komputer Anda sudah kembali mengeluarkan suara lagi.
Demikian beberapa tips mudah untuk mengatasi komputer tidak mengeluarkan suara. Dengan cara tersebut, Anda bisa menikmati kembali lagu – lagu favorit Anda, melihat TV online, dan melihat video  favorit Anda. Tetapi, jika cara di atas belum mampu menyelesaikan masalah pada komputer Anda, maka sebaiknya Anda membawanya ke tempat servis komputer karena mungkin saja komputer yang tidak mengeluarkan suara mengalami masalah pada sound card, bukan pada pengaturan drivernya. Semoga tips di atas dapat membantu mengatasi masalah And
 
G. langkah-langkah perbaikan jika hasil printer bergaris
 
Sebelumnya perlu saya sampaikan penyebab Hasil cetak bergaris putus putus pada Canon IP dan Canon MP :

1. Aliran tinta tidak lancar, 
Hal ini bisa disebabkan oleh system infus yang mengalami kebocoran atau kebuntuan. untuk mengatasinya Anda bisa baca artikel saya di http://ekohasan.blogspot.com/2012/04/cara-mengatasi-udara-dalam-selang-infus.html.
Dengan tidak lancarnya aliran tinta , maka otomatis keluarnya tinta dari nozzle catrid juga terganggu sehingga hasil print bergaris. Saran : gunakan part tambahan berupa damper infus agar aliran tinta menjadi stabil dan lancar


2. Head catridge tersumbat.
Tersumbatnya head catrid ini bisa disebabkan oleh tinta yang kotor tercampur debu atau bisa juga karena tinta yang menggumpal. Cara mengatasinya yaitu dengan menggunakan alat penyedot catridge. Cara mengatasinya secara lengkap silahkan klik Cara Mengatasi Catridge Canon yang Tersumbat



3. Head Catridge sudah lemah
Cirinya yaitu, jika ujung head di tempel dengan tissu, semua warna tinta keluar normal, akan tetapi jika dipakai untuk print, hasil print nya bergaris. Ini menandakan Head Catridge sudah lemah.
Solusi sementara adalah mengubah settingan print menjadi kualitas High atau Foto. Tapi saran saya catridge harus segera diganti, agar kerusakan tidak merembet ke board.
H. langkah-langkah perbaikan jika lampu indikator printer berkedip terus
Reset secara manual
1.Nyalakan printer setelah nyala maka lampu indikator power dan lampu indikator resume nyala berkedip
2.buka cover scanner dan cover cartridge, untuk memastikan cartridge berada dipinggir tekan tombol resume sekali langsung dilepas
3.Tekan tombol reset pada cartridge System CISS selama 10 detik
4.Matikan printer dengan cara tekan tombol power sekali langsung dilepas tunggu sampai mati
5.Hidupkan kembali printer anda dengan menekan tombol power printer sekali langsung dilepas, maka printer akan melakukan cleaning head.Reset manual sudah selasai.
Jika cara diatas tidak kembali normal juga,lakukan dengan menggunakan software Reseter TX121xDISINI.Tutorial reseternya aku upload juga DISINI.
Jika masih juga belum kembali normal lakukan kebagian hardware
1.Lepaskan catridge bersihkan pin catridge dengan alkohol atau pakai apa saja yang penting bisa bersih.
2.Kalau Catridge belum juga terdeteksi, kemungkinan Catridge Epson memang rusak artinya Catridge Epson harus diganti yang baru TAPI jangan beli Catridge Epson dulu alangkah baiknya bongkar saja printernya karena bisa saja Board Printer Epson
telah mengalami kerusakan.
Setelah dibongkar lepas  board dan cek fuse (F2) kalau putus ganti dengan nilai yang sama.kebetulan aku nyerpik handphone jadi Aku ambilkan saja FUSE dari bangkai hp 3310 yang terletak dibagian charger.Letak komponen fuse(F2) board printer TX121x pada gambar dibawah ini
 
I.  langkah-langkah perbaikan jikaUSB tidak terbaca
  ini adalah masalah biasa yang sering dijumpai bagi pemilik flashdisk. Sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui, kenapa flashdisk tidak bisa terbaca:
1. Flashdisk rusak secara fisik
2. Kemungkinan ada masalah pada driver USB
3. Port USB rusak (Port = tempat nyolok USB)
4. Setinggan bios, Windows bermasalah
Lalu cara mengatasinya gimana? Tergantung dari penyebab di atas. Kalau flashdisk anda ada pada no.1, berarti anda harus memperbaiki flashdisk anda di tempat servis komputer atau bisa membeli yang baru. Tapi kalau flashdisk anda ada pada no.2-4, silahkan simak tips berikut:

a. Cara Manual mengunakan Windows 
1. Colokin flashdisk anda yang tidak terbaca tadi.
2. Buka Start -> Control Panel
3. Ubah tampilan menjadi klassik mode (switch to classic mode).
4. Klik "Add Hardware"
5. Kemudian akan muncul kotak dialog, klik Next
6. Setelah itu ada 2 pilihan "Yes, I have already connected the hardware" dan "No, I have not added the hardware yet". Pilih yang Yes.
7. Sistem selanjutnya akan memeriksa keberadaan hardware baru yang sudah tertancap namun belum terdeteksi. Kalau USB flash disk sudah berhasil dikenali, muncul salah satu hal dari hal-hal berikut ini : Muncul menu autorun, Pernyataan bahwa USB flash disk mendukung koneksi USB yang lebih cepat, Muncul ikon "Removable hardware "pada systen tray dan Muncul drive baru di Windows Explorer atau My Computer.
8.Kalau salah satu hal tersebut terjadi, pendeteksian tidak perlu diteruskan. Klik Cancel pada tampilan berikutnya.


b. Cara Command Prompt
 
1. Colokin flashdisk anda ke komputer.
2. Buka Command Prompt, caranya klik Start -> Run -> ketik cmd
3. Buka lokasi flashdisk anda misalnya di G, ketik di command prompt g:
4. Kemudian anda ketik chkdsk /f, lalu akan muncul tulisan, dan akan ada pilihan (Y/N). ketik Y untuk yes.
5. Setelah itu, akan ada pilihan lagi untuk merestart komputer anda, pilih yes untuk merestart komputer anda. Biarkan proses berlangsung setelah winlogon.
Apabila "cmd" tidak bisa masuk ke dalam drive usb tersebut, hal diatas masih bisa dilakukan dari drive manapun, dengan perintah:
chkdsk (:e/f/g drive usb) [/…]

J. langkah-langkah perbaikan untuk mengembalikan dokumen atau data yang hialng pada memory
 
Terkadang tanpa sengaja ataupun sengaja data penting yang ada di komputer dapat terhapus/ terformat, dan biasanya ketika data penting yang terhapus tanpa sengaja/ dengan sengaja kita bingung gimana cara mengembalikan data yang sudah terhapus/ terformat tersebut. Tapi anda jangan kwatir, karena yang saya bahas kali ini adalah Recovery (mengembalikan) data yang hilang karena terhapus atau terformat. Untuk mengembalikan data yang terhapus/ terformat anda dapat menggunakan salah satu software gratis yaitu Pandora recovery. Yang saya gunakan disini adalah pandora yang berukuran filenya : 3.Mb, versi 2.0.7
Jika ingin download software pandora recovery dapat menggunakan link: free data recovery.
Berikut ini adalah tampilan dari softwaret pandora recovery:
Recovery (mengembalikan) data yang hilang karena terhapus atau terformat

Sebagai tambahan informasi tentang sofware tersebut mempunyai beberapa fitur sebagai berikut:
- Bisa melakukan Browse, Search, Preview and Recover files yang telah terhapus
- Dapat mercovery Hidden file,Encrypted files, Archived files, Compressed files
- Recover Documents, Images , Movies, dan type data lainnya
- Dapat digunakan untuk Recover Alternate Data Streams (ADS)
- Bisa digunakan untuk Recover to Local Hard Drive, Flash Drive, Network Drive.
- Mampu melakukan Recovery success estimate
- Dapat digunakan untuk Reviewfile properties,dan Drive properties
- Mempunyai fitur Recognizes FAT16, FAT32, NTFS,NTFS5 and NTFS/EFS
- Compatible dengan windows operating system
Sekarang sudah mengerti kan cara Recovery (mengembalikan) data yang hilang karena terhapus atau terformat.















Minggu, 24 Agustus 2014

 Assalamualaikum Wr.Wb

disini saya akan menjelaskan sedikit tentang pengertian aplikasi Myob dan cara menjalankan aplikasinya
MYOB (Mine Your Own Businesses) Accounting merupakan Versi MYOB Accounting terbaru yang dikeluarkan oleh perusahaan MYOB Accounting Tecnology Pty Ltd. Didalam MYOB Accounting Plus 17 ini,terdapat beberapa penambahan fitur,salah satunya dalah fasilitas Undo Rekonciliation yang dapat digunakan untuk membatalkan rekonsiliasi bank. MYOB menyediakan berbagai macam Versi yang dapat dipilih sasuai dengan kebutuhan perusahaan. Berikut ini penjelasan singkat tentang Versi MYOB :
MYOB Accounting
Dapat digunakan oleh perusahaan yang administrasi pembukuannya hanya dilakukan oleh satu orang dan transaksi keuangan perusahaan hanya menggunakan satu jenis mata uang.
MYOB Accounting Plus
Pada dasarnya sama dengan MYOB Accounting,hanya terdapat penambahan modul Peyroll dan Time Billing.
MYOB Premiere Accounting
Dapat digunakan oleh perusahaan yang menggunakan lebih dari satu mata uang (Multy Currency) untuk transaksinya,dapat juga digunakan secara Multy User.
MYOB Premiere Accounting Enterprise
Pada prinsipnya sama dengan MYOB Premiere. Pada Versi ini menggunakan terminal service,sehingga sangat mendukung kecepatan proses jaringan. Dapat digunakan untuk perusahaan yang menggunakan Workstation cukup banyak.

B. Membuat Data Perusahan
Sebelum anda memulai menggunakan MYOB,terlebih dahulu anda akan memasukkan data perushaan ke dalam MYOB. Langkah – langkahnya:
1. Klik tombol Start pada Taskbard
2. Klik All Program,pilih MYOB Accounting v17 ( + MYOB Accounting v17 + ). Selanjutnya akan tampil jendela “Welcome To MYOB Accounting” yang berisikan:
open your company file,digunakan untuk membuka file yang pernah disimpan.
create a new company file,digunakan untuk membuat data perusahaan baru.
explore the sample company,digunakan untuk membuka file contoh yang telah disediakan oleh MYOB.
What’s new in this version,digunakan untuk melihat fitur – fitur baru yang terdapat pada MYOB Versi ini.
exit MYOB Accounting,digunakan untuk mengakhiri program MYOB.
3. Klik create a new company file,maka akan tampil jendela informasi a new company file Assistant
4. Klik next,untuk lanjut ke tahap pengisian data perusahaan
5. Setelah selesai diklik next,anda akan mengisi periode akuntansi yang akan digunakan oleh perusahaan. Coba anda ikuti petunjuk berikut ini:
Current financial year ((2008)) : isi tahun pembukuan.
Last mount of financiak year ((Desember)): isi akhir periode pembukuan.
Conversion mount((Januari)) : isi awal periode pembukuan.
Number of accounting periode ((Twelve)) : isi jumlah periode.
Klik next.
6. Klik next,untuk menampilkan informasi periode akuntansi sesuai dengan peraturan yang telah dilakukan
7. pada kotakpilihan Build Your Account List,maka tentukan cara pembuatan daftar akun yang akan digunakan,yaitunya ada tiga pilihan:
 I would like to start with one of the lists provided by MYOB Accounting,Artinya anda akan menggunakan daftar akun yang telah disediakan oleh MYOB.
 I would like to import to list of account provided by my accountant ofter I’m done creating my company file,Artinya anda akanmengimpor daftar akun dari file lain.
 I would like to buil my accounts list one I begin using MYOB,Artinya anda akan membuat sendiri daftar akun secara langsung.
8. berikutnya akan tampil jendela informasi lokasi penyimpana file. Jika andaingin merubah lokasi penyimpanan file,maka Klik tombol “Change”,jika tidak langsung Klik next
9. selanjutnya MYOB akan memproses data perusahaan yang telah anda masukkan
10. setelah proses selesai akan tampil informasi “Congratulation !” artinya bahwa pembuatan file perusahaan sukses
11. untuk masuk ke menu utama MYOB,Klik Command Center
12. menu utama MYOB Accounting Plus17 ditampilkan.

C. Backup dan Restore

1. Backup
Sebelum anda melanjutkan ke tahap berikutnya,terlebih dahulu mempelajari pembuatan file cadangan atau biasa disebut “Back Up”. Back Up harus dilakukan sacara rutin minimal satu atau dua minggu sekali. Simpanlah file Back Up ditempat yang berbeda di tempat utama,misalnya di Hardisk eksternal,CD,DVD. Langkah – langkah melakukan Back Up adalah sebagai berikut:
a) Terlebih dahulu anda melakukan verifikasi data,untuk memastikan bahwa data yang akan disimpan tidak mengalami kesalahan. Caranya,darimen utama MYOB Accounting Klik menu file,lalu pilih Variey company file.
b) Ketikkotak konfirmasi MYOB Accountingtampil kemudian klik Oke
c) Proses verifikasi data dilakukan setelah akan tampil informasi yang memberitahukan tidak terdapat kesalahan dalam file data anda
d) Klik Oke untuk kembali kemenu utama MYOB,selanjutnya klik file lalu pilih Back Up
e) Pada MYOB company file Back Up,klik pilihan Back Up All data dan Not Check company file for error,lalu klik continue
f) Secara default MYOB menyimpan file Back Up dengan naa : MYOB diikuti bulan dan tanggal hari ini (myob1210). Tetapi anda dapat mengubahnya sesuai dengan keinginan. Missal : Yeti3011,lalu klik Save
File Back Up disimpan dalam format Zip
g) Proses Back Up dalakukan. Setelah selesai anda akan dibawa kemenu utama MYOB Accounting. Tutu program MYOB anda,ketika jendela konfirmasi MYOB Accounting tampil,klik NO.
2. Restore
Restore adalah pembuka file Back Up,langkah – langkahnya adalah:
a. Buka kembali program MYOB Accounting,klik open your company file
b. Kotak dialog open ditampilkan,pilih tempat penyimpanan file,pada kolom files op tipe pilih all files (*.*),lalu klik nama filekemudian klik open
c. Selanjutnya anda diminta untuk menyimpan ulang file Back Up tersebut dalam format MYOB
d. Berikutnya MYOB akan memberikan informasi nama file yang di Restore dan lokasi penyimpanan,setelah itu klik OKE.
e. Selanjutnya proses membuka Back Up dilakukan
f. Setelah proses selesai,pada kotak dialog Sign-On klik lalu OKE.
g. Jika anda menggunakan program MYOB Versi trial,maka akan tampil jendela company file activation,pilih I want to activatemy company file later,untuk menunda proses pengaktifan,lalu klik continue
h. MYOB akan memberitahukan sisa masa aktif file,lalu klik OKE
i. Menu utama MYOB Accounting di tampilkan,anda dapat menggunakan file tersebut untuk memperbaiki atau menambah data
j. Setelah selesai tutup kembali program MYOB tersebut.
D. User ID dan Pasword
MYOB Accounting Plus Versi 17 menyediakan fasilitas User ID dan Pasword untuk melindungi data dari pihak – pihak yang tidak berkepentingan.

1. user ID dan Pasword Master
Berikut ini akan membuat User ID dan Pasword yang akan menjadikan master atau kunci untuk membuka dan menggunakan semua fungsi yang tersedia pada MYOB.
Langkah – langkah:
• Aktifkan program MYOB pada jendela welcome to MYOB Accounting,klik tombol open your company file,pilih file prima rent Car dan Travel MYOB,lalu klik Open
• Tampilkotak konfirmasi Sign-On,biarkan nama User ID tetap administrator (sesuai dengan nama User Account pada computer yang anda gunakan,klik tombol Change Passsword
• Kosongkan kolom isian Existing password karena sebelumnya tidak ada password.
• MYOB akan memberikan informasi bahwa pembuatan password sukses, klik OK
• Ketika jendela jendela Company File Activation tampil,pilih I wont to activate my company file later,lalu klik continue. Padajendela berikutnya klik OK
• Menu utama MYOB Accounting ditampilkan.
2. Sub User ID
Adalah pengguna atau User yang hanya dapat membuka dan menggunakan fungsi MYOB tertentu saja,langkah – langkahnya sebagai berikut :
 Pastikan menu utama MYOB Accounting masih aktif,pilih menu setuplalupilih preferences
 Pada jendelapreferences,pilih tab security lalu klik tombol user ID
 Klik tombol new untuk membuat user ID baru
 Kotak isian new user details ditampilkan. Isi user ID dan password yang diiinginkan,mis:
User ID: sub user
Password: sales, ketik ulang pada kolom confirm password
Lalu klik OK
 Kembali ke kotak dialog user access. Pada kolom not allowed beri tanda silang untuk modul yang tidak boleh dibuka. Caranya pada kolom available function, kllik seluruh modul satu persatu. Kecuali modul sales and receivables.
 KLik ok. Pada jendela preferences klik Ok kembali.
 Untuk mencoba menggunakan sub user yang baru saja dibuat tutup program Myob
 BUka kembali program Myob, pilih file prima rancor dan travel. Myob pada kotak dialog Sign-on, masukkan :
User ID: Sub user
Kode password: Sales
Klik OK
o Ketika jendela activation tampil, pilih I want to activate my company file letter, klik continue pada jendela konfirmasi berikutnya. Klik Ok.
 Menu utama Myob accounting ditampilkan, pilih modul accounts lalu klik account list,maka akantampil kotak informasi,yang artinya bahwa User ID anda tidak dapat mengakses jendela ini.
 Lanjutkan ada modul yang lain,maka akan tampil informasi yang sama,kecuali modul sales,anda dapat menggunakan dan membuka seperti biasa. Hal tersebut sesuai dengan peraturan pada saat membuka Sub User ID.
3. menonaktifkan Sub User ID
Langkah – langkahnya:
1) Pastikan membuka program MYOB dengan User ID master. Ketika jendela company file activation tampil,pilih I want to activate my company file later,lalu klik continue pada jendela konfirmasi klik OK
2) Setelah mnu utama MYOb tampil,klik setup lalu ilih references . pada jendela references,aktifkan Tab security kemudian klik tombol User ID.
3) Pilih Sub User ID yang akan di nonaktifkan,lalu klik tombol edit
4) Kotak dialog edit User details ditampilkan,tandai kotak pilihan inactive User lalu OK
5) Untuk kembali ke menu utama MYOB,klik OK pada kotak dialog User accars,lalu klik OK
6) Tutup program MYOB Accounting anda.
E. Persiapan Data Awal
1. persiapan data menggunakan Excel
menggunakan program aplikasi Ms. Excel 2007 atau juga dapat menggunakan Versi sebelumnya. Kolom atau fields yang diperlukan untuk membuat daftar akun antrara lain:
o Account number,yaitu kolom yang berisi nomor perkiraan
o Account name,yaitu kolom yang berisi nomor perkiraan
o Header,yaitu kolom yang berisi huruf H untuk perkiraa header account dan kosong untuk detail account
o Balance, yaitu kolom yang berisi saldo awal akun dapat dikosongkan jika ingin memasukkan saldo awal secara manual
o Account type,yaitu kolom berisi tipe masing – masing rekening.
Ikuti langkah – langkah berikut ini:
1. buat fie daftar akun excel dari folder
2. simpan ulang file tersebut dalam format taxt (tab delimeted) caranya untuk excel 2007:
klik Icon office button
lalu pilih save As.
Untuk excel 2003:
Klik file lalu pilih save As
3. tentukan lokasi penyimpanan file yang di inginkan,kemudian pilih save As type taxt (tab dilimeted) lalu klik save
4. ketika kotak konfirmasi Ms.excel tampil,klik Ok. Apabila ingin menyimpan file dalam format – format klik Yes.
5. setelah selesai tutup excel anda,ketika kotak informasi penyimpanan file tampil klik No.
2. Impor Daftar Akun
Langkah –langkah:
 aktifkan program MYOB Accounting Plus v 17,lalu buka kembali file prima rent car dan travel MYOB
 dari menu utama MYOB Accounting Klik file-> import data->account->account information
 kotak dialog import file ditampilkan
 pada kotak dialog open,pilih file daftar akun yang telah disimpan dalam format taxt dilokasi penyimpanan yang telah ditentukan sebelumnya lalu klik Open
 pindahkan semua fields pada kolomimport fields ke kilom matching import fields
Caranya: klik mana fields,lalu klik dikolom matching import field,lakukan satu persatu untuk semua fields
Hasilnya nam fields akan tampil didalam kolom matching import fields
 klik tombol import,proses import file dilakukan
 setelah selesai akan tampil informasi pada baris record skipped harus terisi angka 0. jika tidak berarti ada akun yang gagal di import dan harus diperbaiki lakukan perbaikan setelah selesai import kembali.klik Ok
 untuk melihat daftar akun yang telah di import,pilih modul account list.
3. Linked Akun
Berfungsi untuk mengotomatisasi system kerja MYOB.
1. Accounts dan banking linked accounts.
Membuat link untuk perkiraan buku besar dank as / bank.
a. Dari menu utama MYOB,klik menu setup > linked account > accounts and banking accounts
b. Kotak dialog account dan banking linked accounts ditampilkan
Keterangan:
• Equity account for current earnings = perkiraan modal untuk periode berjalan
• Equity account for retained earnings = perkiraan modal untuk laba ditahan
• Equity account for historical balancing = perkiraan modal untuk selisih pembukuan
• Bank account for electronic payment = akun bank untuk pembayaran elektronik
• Bank account for undeposite funds = akun untuk enampung penerimaan sementara
c. Ganti nama akun historical balancing menjadi selisih pembukuan.
Caranya:
Klik tanda panah :kotak equity account for historical balancing
d. Pada kotak dialog edit account pilih tab profile. Ketik : selisih pembukuan didalam kolom account nama, lalu klik OK
e. Berikutnya klik tombol panah kotak electronic clearing account
f. Tampil kotak dialog select from list, pilih akun bank delta. Lalu use account
g. Ketik myob menampilkan informasi yang menanyakan apakah anda akan mengubah akun untuk pembayaran elektronik, klik yes
h. Ulangi langkah no. 5 s/d 7 untuk menggantikan akun underposited funds menjadi kas
i. Setelah selesai hasil akan tampil, klik OK. Untuk menutup kotak dialog account dan banking linked accounts.

1.2. Linked sales accounts
Langkah-langkahya :
1.Pastikan menu utama MYOB Accounting masih aktif. Klik menu setup > linked accounts > sales accounts.
2. kotak dialog sales linked accounts ditampilkan :
a. Asset account for tracking receivables = perkiraan aktiva untuk menampung piutang
b. Bank account for costumer receipts = perkiraan bank untuk perkiraan piutang
c. I charge freigt on sales = perkiraan untuk menampung biaya penjualan
d. I track deposits collected from customers = perkiraan penerimaan uang muka pelanggan
e. I give discounts for late payment = perkiraan untuk menampung potongan penjualan
f. I access charges for late payment = perkiraan untuk denda keterlambatan pembayaran

3. klik tombol drop down pada kotak asset account for tracking receivables
4. pilih akun piutang usaha lalu klik use account
5. pada kotak bank account for customer receipts, ganti menjadi akun bank delta
6. setelah itu klik kotak pilihan I track deposits collected from customers
7. klik tombol drop down pada kotak liability for customer deposits
8. kotak pilihan select from list ditampilkan. Pilih akun pendapatan diterima dimuka, lalu klik tombol use account
9. setelah selesai hasilnya akan tampil, lalu kilk OK. Untuk menutup dialog sales linked account.
1.3. Purchases linked account
langkah-langkahnya sebagai berikut :
1) Dari menu utama MYOB accounting klik setup > link accounts > purchase accounts
2) Kotak dialog purchase linked accounts ditampilkan
3) Klik tombol drop down liability account for tracking payables, pilh akun hutang usaha lalu klik tombol use account for tracking payables,,pilih akun hutang usaha lalu klik tombol use account
o Liability account for tracking payables = perkiraankewajiban untuk hutang
o Bank account for paying bills = perkiraan untuk pembayaran hutang
o I can receive atems without a supplier bill = perkiraan untuk pembayaran tanpa tagihan
o I pay freight on purchases = perkiraan untuk biaya angkut pembelian
o I track deficits paid to suppliers = perkiraan untuk uang muka pembelian
o I take discount for early payment = perkiraan untuk potongan pembelian
o I pay chargers for late payment = perkiran untuk denda keterlambatan pembayaran
4) ulangi langkah no.3 untuk mengubah link akun bank account for paying bills menjadi akun bank sejati
5) setelah selesai hasilnya akan tampil,lalu klik Ok. Untuk menutup kotak dialog purchase linked account.
1.4. Payrooll Linked Account
terakhir anda akan membuat link untuk akun yang berhubungan dengan pembayaran gaji,ikuti langkah berikut ini:
1. masih dari menu utama MYOB Accounting, klik setup > payroll accounting
2. kotak dialog payroll linked account ditampilkan

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
a. bank account for cash payments = perkiraan bank untuk pembayaran secara tunai
b. Bank account for cheque payments = perkiraan bank untuk pembayaran menggunakan cek.
c. Bank account for electronic payment = perkiraan untuk pembayaran elektronik.
d. Default employes expense account = perkiraan untuk beban gaji lainnya.
e. Default wages expense account = perkiraan untuk pembebanan gaji
f. Default tax / deducation payable account = perkiraan untuk pajak penghasilan.

3. sama pada langkah-langkah sebelumnya. Ganti akun-akun tersebut seperti :
• Bank account for cash payments kas
• Bank account for cheque payments bank delta.
4. klik OK.

4. Menghapus linked akun
Langkah-langkah berikut ini :
1. Pastikan jendela account list masih aktif, pilih tab expense.
2. Pada kotak dialog edit account, pilih tab details, sebelum anda menghapus akun tersebut menjadi akun beban gaji.
Caranya klik tanda panah linked account for wages expense
3. Tampil kotak dialog payroll linked accounts. Klik tanda panah, wages dan salaries.
4. Pilih akun beban gaji lalu klik use account.
5. Klik OK untuk kembali ke kotak dialog edit account, pada keterangan linked account for telah berubah menjadi unliked.
6. Pilih tab profile lalu klik menu edit > delete account.
7. Beralih ke tab equity, anda ganti nama akun retained earnings menjadi akun laba ditahan. Caranya klik tanda panah akun retained earnings.
8. Pada dialog edit account, ganti account number menjadi 3 – 2000, tekan tab, ketik laba ditahan, OK.
9. Dengan cara yang sama ganti akun current year earnings. Dengan laba periode berjalan.
10. Klik tombol close untuk menutup jendela account list.

5. Membuat kode pajak.
1. klik menu list > tax codes.
2. Untuk menghapus kode pajak caranya, klik pajak yang akan dihapus, pilih edit > delete tax code.
3. Ulangi langkah yang sama untuk menghapus kode pajak yang lain.
4. Klik kode GST, klik tombol edit, pada baris tax code ketik PPN, tab, klik OK.
5. Klik new untuk membuat kode pajak baru.
6. Setelah selesai klik tombol close untuk menutup jendela tax code.

6. Daftar relasi dan produk.
Daftar relasi atau card file merupakan kumpulan data yang berisi seperti data-data customer ( pelanggan ), supplier ( pemasok ), employee ( karyawan ) dan personal (individu ).

1.1 Membuat daftar customer
1) Klik modul card file, cards list.
2) Pilih tab customer, klik new untuk membuat data customer baru.
3) Di dalam jendela card infortion tab profile, isi data customer.
4) Klik tab selling detains untuk mengisi detail penjualan.
5) Ulangi langkah 2 s/d 4 untuk memasukkan data customer.

1.2 Membuat daftar supplier
1) Masih dalam jendela card list, pilih tab supplier, klik new.
2) Didalam tab profile, input data supplier
3) Klik tab buying details untuk mengisi detail pembelian
4) Ulangi langkah no. 1 s/d 3 untuk mendaftarkan supplier lain

1.3 Membuat daftar karyawan
a. Masih dalam jendela cards list, pilih tab employee lalu klik tombol new
b. Isi data karyawan satu persatu
c. Klik tombol new kembali untuk mengisi data karyawan berikutnya
d. Klik close untuk menutup jendela card list.

F. DAFTAR MENU PROGRAM MYOB VERSI 17

Adapun menu program yang terdapat pada myob versi 17 adalah sebagai berikut :

a. Menu Account
 Pengertian
Menu account adalah menu yang digunakan untuk menginput, mengubah, menambah dan menghapus nama-nama perkiraan yang digunakan dalam suatu perusahaan ( dagang, jasa, dan manufaktur ).
 Fungsi
Fungsi dari menu account adalah untuk :
• Untuk membuka jendela Account List yang memuat informasi account yang sudah disediakan myob17.
• Membuka jendela Record Journal Entry, di mana dapat memasukkan transaksi-transaksi sesuai dengan pembacaan jurnal umum.
• Untuk membuka jendela Transaction Journal, di mana dapat melihat informasi atas seluruh transaksi sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan.
• Untuk menampilkan jendela Baslink, di mana kita dapat menetapkan bussines account statement ( Pernyataan jenis bisnis ).
• Untuk menampilkan jendela Send To Myob Account Office, dimana kita dapat menyimpan laporan keuangan perusahaan atau mengirim selalu e-mail.

b. Menu Banking
 Pengertian
Banking adalah model yang digunakan untuk menulis cek yang dikeluarkan ataupun diterima perusahaan.
 Fungsi
Fungsi menu-menu pada banking adalah :
• Spend money
Dapat digunakan untuk mencatat atau memasukkan beberapa penarikan cek dari akun-akun cek.
• Reconcile account
Dapat merekonsiliasi / mencocokkan catatan bank dengan catatan perusahaan.
• Receive money
Dapat mencatat atau memasukkan penerimaan dana yang melalui cek.
• Print cheques
Dapat mencetak cek-cek yang anda buat dari jendela spend money
• Transaction journal
Dapat melihat semua pengeluaran kas yang telah anda lakukan
• Prepare electronic payments
Dapat menyimpan transaksi yang berhubungan dengan payments
• Prepare bank deposit
Dapat menyimpan transaksi yang berhubungan dengan penerimaan dana melalui cek.

c. Menu sales
 Sales adalah seluruh aktivitas yang berkaitan dengan penjualan dan piutang dagang.
 Fungsi
Fungsi menu-menu pada sales adalah :
• Sales register
Dapat melihat daftar-daftar penjualan, penerimaan dari penjualan, retur penjualan, dan daftar lain yang berhubungan dengan penjualan.
• Enter sales
Dapat mencatat transaksi penjualan yang sedang berlangsung baik secara tunai maupun kredit.
• Receive payments
Dapat mencatat penerimaan dari penjualan dan piutang usaha dari konsumen yang dibayar kepada perusahaan.
• Print statements
Dapat mencetak faktur-faktur penjualan yang belum terbayar

• Print invoices
Dapat mencetak faktur-faktur penjualan yang anda catat di sales – new service.
• Transaction journal
Dapat melihat rincian jurnal pada tabulasi sales.

d. Menu Time Billing
 Pengertian
Time billing adalah modul yang digunakan untuk menvatat informasi aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan yang berhubungan dengan penagihan untuk pegawai, pemasok, atau pelanggan.
 Fungsi
Fungsi menu-menu pada Time Billing adalah :
• Activities list
Dapat membuat informasi yang dilakukan perusahaan
• Enter activity slip
Dapat mencatat slip aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan sebagai catatan atau arsip
• Activity log
Dapat menampilkan dan meninjau informasi aktivitas yang telah dicatat oleh perusahaan
• Prepare time billing invoice
Dapat mencetak faktur-faktur penagihan untuk pelanggan
• Transaction journal
Dapat melihat rincian jurnal pembayaran atau penagihan dari pelanggan pada tabulasi sales.

e. Menu Purchase
 Pengertian
Purchase adalah modul yang dapat memasukkan pembelian, mencatat pembelian berulang, menyiapkan pemesanan pembelian, menerima barang dagang yang telah dipesan, memeriksa barang-barang yang dibeli agar sesuai spensifikasi yang dipesan, melakukan pembayaran yang tepat waktu kepada pemasok dan mengelola utang dagang secara rinci dan akurat.
 Fungsi
Fungsi menu-menu pada purchase adalah :
• Preapare electronic payment
Dapat memproses pembayaran atas pembelian
• Enter purchase
Dapat mencatat transaksi pembelian yang sedang berlansung baik secara tunai maupu kredit
• Paybills
Dapat mencatat pembayaran-pembayaran dari pembelian yang belum terbayar (utang usaha) kepada pemasok
• Print Purchase Orders
Dapat mencetak faktur-faktur pembelian yang belum terbayar
• Print Cheque
Dapat mencetak cek yang berhubungan dengan pembelian, pembayaran utang, serta retur pembelian
• Purchase register
Dapat melihat hasil pencatatan pembayaran pembelian, dan retur pembelian
• Transaction journal
Dapat melihat rincian jurnal pembayaran atau penagihan dari pelanggan pada tabulasi purchase.

f. Menu Payroll
 Pengertian
Payroll adalah modul yang digunakan untuk mengatur daftar penggajian karyawan dan transaksi-transaksi lain yang berkaitan dengan penggajian.
 Fungsi
Fungsi menu-menu pada payroll adalah :
• Payroll categeories
Dapat membuat dan mengedit kategori-kategori gaji
• Pay employee
Dapat mencatat dan mengedit gaji karyawan
• Print paycheque
Dapat mencetak cek yang berhubungan dengan penggajian
• Print payment summaries
Dapat mencetak faktur-faktur pembelian yang belum terbayar
• Prepare electric payments
Dapat memproses pembayaran karyawan, uatang, dan pembayaran lain yang melalui cek
• Transaction journal
Dapat melihat rincian jurnal pembayaran atau penagihan dari pelanggan pada tabulasi disbursement

g. Menu Inventory
 Pengertian
Merupakan menu program yang digunakan untuk mengelola persediaan secara tepat dan akurat di mana dapat mengecek barang-barang yang dijual dan dengan pengaturan menajemen persediaan yang baik, mengelola jumlah persediaan, nilai nominal suatu barang dagang serat penyusunannya, menetapkan harga jual dan harag beli dan menyediakan atau merakit barang dagangan menjadi satu satuan yang kompleks beserta harga yang ditetapkan.
 Fungsi
Fungsi menu-menu pada inventory adalah :
• Set item prices
Digunakan untuk menetapkan harga jual suatu barang persediaan ( termasuk keuntungan )
• Item list
Digunakan untuk melihat barang-barang persediaan
• Count inventory
Digunakan untuk memasukkan hasil perhitungan fisik persediaan atau untuk melakukan penyesuaian nilai dan kuantitas sejumlah item persediaan
• Adjust inventory
Digunakan untuk melakukan penyesuaian atas nilai dan kuantitas item-item persediaan
• Transfer inventory
Digunakan untuk melakukan transfer kuantitas dan nilai antar item-item persediaan
• Auto-build inventory
Digunakan untuk merakit item akhir dari sejumlah komponen
• Transaction journal
Digunakan untuk melihat perkiraan-perkiraan yang berhubungan dengan keluar masuknya persediaan
• Item register
Digunakan untuk menampilkan item-item persediaan barang baik keseluruhan maupun per item.

h. Menu Card File
 Pengertian
Adalah menu yang digunakan uantuk melihat daftar orang, karyawan, ataupun perusahaan lain yang berhubungan dengan perusahaan anda. Selain itu juga dapat menambah isi daftar anda bilamana pihak-pihak yang berhubungan dengan bisnis anda bertambah.

 Fungsi
Fungsi menu-menu pada card file adalah :
• Card list
Digunakan untuk membuat daftar nama orang atau perusahaan yang sering berhubungan dengan bisnis anda dan dapat melihat daftar rincian kartu yang pernah anda buat
• Contac log
Dapat melihat ringkasan dari seluruh kontak yang anda lakukan
• Print mailing labels
Dapat menetapkan dan mencetak file mailaing labels untuk individu atau perusahaan awal yang terdapat pada file kartu
• Create personalized letters
Dapat membuat file mail marge yang berisi informasi tentang orang atau perusahaan pada file kartu.


Wassalamualaikum Wr.Wb

semoga dengan postingan ini kita semakin mengetahui ilmu-ilmu komputer

sumber:http://riaemelda431.blogspot.com/2012/10/cara-menggunakan-aplikasi-akuntansi-myob_20.html

 Assalamualaikum Wr.Wb

kali ini saya akan sedikit menjelaskan bagaimana cara instalasi Myob

cara menginstal MYOB Accounting v15 ke Komputer Anda. Software MYOB Accounting v15 bisa di-install pada Windows versi apa saja. Untuk meng-install MYOB Accounting v15, minimal spesifikasi komputer yang harus Anda miliki yaitu:
Harddisk : Pentium Processor 200 MHz dan RAM 32 MB. Space harddisk minimal yaitu 50 MB untuk program MYOB dan 35 MB untuk space file perusahaan. Resolusi warna monitor Anda minimal 800 x 600 dengan warna minimum 16 bit.
Software                :  Windows 98 atau yang lebih tinggi.
Office Link            :  Ms. Word  98  dan Ms. Excel  98 keatas.
Compatible
Setelah semua syarat minimal terpenuhi Anda bisa mulai meng-install MYOB Accounting  v15 pada komputer Anda.
Ok, kita langsung praktekan saja ya, biar ga bertele-tele :)
1. Aktifkan komputer Anda, lalu masukkan CD Software MYOB Accounting v15 ke dalam CD ROM komputer. Cara lain, bila Anda punya software dalam flashdisk, bisa juga klik Software MYOB Accounting v15 tersebut.
2. Arahkan Mouse pada tombol Start, lalu klik bagian kanan Mouse sehingga ditampilkan daftar aktifitas, kemudian klik Explorer.  Cari drive tempat software MYOB Accounting v15 berada dan double-klik program MYOB Accounting tersebut. Selanjutnya double-klik Setup sehingga langkah-langkah penginstalasian MYOB dilakukan.
Cara install MYOB
 Bila Anda ingin membatalkan proses instalasi karena sesuatu hal, klik tombol Cancel yang terdapat dipojok kanan jendela InstallShield Wizard.
Setelah proses persiapan untuk instalasi selesai, maka ditampilkan pesan Welcome to MYOB Accounting v15 Install. Sebelum meng-instal software MYOB Accounting v15, disarankan menutup seluruh program Windows lainnya. Baca seluruh penjelasan yang terdapat pada jendela ini dengan seksama sebelum melanjutkan ke prosedur berikutnya. Lihat gambar berikut:
Cara install myob 3. Klik tombol  Next  bila Anda setuju dengan uraian dan penjelasan yang diberikan pada  Welcome to MYOB Accounting v15 Install, kemudian ditampilkan MYOB Accounting v15 Install.
4. Pilih opsi negara pemakai software MYOB Accounting v15 yaitu Indonesia. Bila Anda  ingin kembali ke jendela sebelumnya, klik tombol Back). Klik tombol Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya, selanjutnya ditampilkan Liscence Agreement.
Pada Liscence Agreement ditampilkan informasi dan persetujuan yang harus Anda pahami. Baca seluruh persetujuan yang diberikan dan klik tombol Decline bila Anda menolak persetujuan.
5. Klik tombol Accept bila setuju, lalu ditampilkan Install Type. Pilih tipe instalasi MYOB Accounting yang diinginkan, apakah Typical atau Custom.
Cara install myob
 6. Pilih opsi Typical, lalu klik tombol Browse. Tetapkan lokasi penyimpanan folder instalasi untuk software MYOB Accounting v15.
7. Klik tombol Next, lalu ditampilkan Select Program Folder. Tetapkan lokasi folder atau terima lokasi yang telah diberikan.
8. Klik tombol Next, lalu ditampilkan Start copying files. Review setting yang telah dibuat dan lakukan perbaikan jika diperlukan. Bila anda telah yakin terhadap langkah-langkah yang telah dibuat, selanjutnya klik tombol Next.
9. Klik Next >  Finish.

Wassalamualaikum Wr.Wb

semoga bermanfaat ....... :)

sumber: http://asroelkamal.com/cara-meng-install-myob-accounting/

Jumat, 04 April 2014

MARKETING MANAGEMEN

        Manajemen pemasaran merupakan sebuah art dan science. Sebagai sebuah art, manajemen pemasaran bersifat unik untuk setiap organisasi, sebagai sebuah science, ada sebuah prosedur yang sudah baku dan bisa diikuti oleh setiap organisasi. Bagaimana menurut anda, menggabungkan art dan science dalam mengembangkan strategi pemasaran yang baik?

    Dalam mengembangkan strategi pemasaran yang baik pemasar harus menggabungkan antara Art dan Science. Bagi sebagian pemasar, marketing lebih merupakan Art dibandingkan science dimana pengalaman, intuisi, firasat dan persepsi subyektif lebih digunakan untuk pengambilan keputusan marketing. Tetapi terdapat beberapa kelemahan apabila keputusan marketing hanya berdasar Art saja antara lain beresiko untuk gagal yang besar, tidak bisa digeneralisasi dan Art adalah tacit knowledge yang sulit untuk didistribusikan kepada orang lain. Disinilah marketing science diperlukan dimana cara berpikir atau metode yang didasarkan pada data dan teori yang obyektif untuk meningkatkan akurasi dan effektifitas sebuah keputusan marketing diterapkan.
Seorang pemasar harus mengetahui definisi dari marketing sendiri. Dari buku Marketing Management yang ditulis oleh Philip Kotler dan Kevin Lane Keller : Marketing berarti aktivitas dan proses untuk melakukan komunikasi, mengantarkan dan saling tukar-menukar yang memiliki nilai lebih bagi customer, klien, partner dan masyarakat secara umum. Hal lain seorang pemasar juga harus memahami produk atau jasa apa yang kita pasarkan apakah berupa produk, jasa, even, pengalaman, tempat, informasi, orang (artis atau public figure) atau sebuah ide, mengetahui konsep pemasaran ideal, kenyataan pasar saat ini dan juga kemampuan perusahaan. Oleh sebab itu marketing adalah sebuah kolaborasi antara Art dan Science dan bukan melulu tentang berjualan produk atau jasa.
 
Konsep pemasaran tidak bisa dipandang sebagai aspek yang sempit yaitu penjualan, namun konsep pemasaran harus dipahami sebagai konsep untuk memahami konsumen dengan baik. Menurut anda, konsep pemasaran yang ideal bagaimana?  


Konsep pemasaran muncul pada pertengahan tahun 50-an dengan konsep memahami konsumen dengan baik. Merasakan kebutuhan konsumen dan meresponnya dengan baik. Pekerjaan utama pemasaran bukanlah menemukan customer yang tepat untuk produk Anda tetapi produk yang tepat untuk customer Anda. Sebagai contoh Dell tidak menyediakan computer yang sangat sempurna untuk target marketnya tetapi menciptakan produk platform yang dikostumisasikan sesuai dengan kebutuhan customer. Konsep pemasaran berorientasi konsumen ini sebenarnya perkembangan dari konsep pemasaran sebelumnya yaitu :
a.     Konsep orientasi produksi, konsep paling tua dalam dunia usaha. Dimana bisnis berorientasi pada efisiensi produksi, biaya rendah dan distribusi masal.
b.    Konsep orientasi produk dimana produk berkualitas memegang peranan penting dimana produk yang menarik dapat menjual dengan sendirinya tanpa iklan dll.
Pada abad 21 ini berkembang konsep marketing yang lebih cocok untuk pasar yaitu konsep holistik marketing. Yang dimaksud dengan holistik marketing adalah semua yang berhubungan dan penting dalam marketing atau semua elemen yang saling terintegrasi untuk melakukan pemasaran yang ideal.
Berikut penjelasan tiap elemen dalam holistik marketing :
  • Integrated Marketing adalah aktivitas untuk mengkomunikasikan, mendeliver sebuah produk lebih dari value yang didapatkan oleh customer
  • Internal Marketing adalah kegiatan merekrut, melakukan training dan memotivasi karyawan untuk melayani customer dengan baik. Didalam konsep internal marketing, marketing bukanlah divisi tunggal tetapi lebih kepada seluruh kesatuan elemen perusahaan
  • Performance Marketing adalah memonitor kondisi finansial dan keuntungan finansial dari aktivitas marketing.
  • Relationship Marketing berguna untuk tetap menjaga agar relasi dengan customer untuk tetap mencapai kestabilan dalam bisnis.

Langkah- langkah untuk membuat undangan di publisher

Assalamualaikum Wr.Wb

kali ini saya akan berbagi bagaimana cara membuat undangan di microsoft publisher


pertama bukalah Microsoft Publisher dikomputer anda dengan cara klik start-all program-ms.office-.ms.publisher

 setelah tampilan berikut muncul pilihlah icon dibawah ini  pilihlah icon yang anda sukai

1

setelah anda memilih icon tersebut anda juga bisa memilih design design yang cocok dengan tema undangan yg dibuat , kemudian  juga bisa mengganti jenis huruf dan warna seperti yang diinginkan, setelah anda memilih warna dan jenis huruf tekan lah icon Create
2

 kemudian, tampilan layar akan seperti dibawah ini setelah kalian menekan tombol Create.
disini anda bisa mengganti tulisan / gambar yang  anda inginkan pada tampilan depan kartu undangan.

3

 setelah selesai dengan tampilan depan nya anda juga dapat mengisi kartu tersebut dengan kata kata yang anda inginkan caranya, pertama pilihlah slide ke dua yang ada di samping tampilan layar  ada pada gambar . kemudian ketikan kan kalimat yang ingin ditulis seperti yang terlihat di kotak No.2.





4

tampilan belakang undangan anda juga dapat di tambahkan sesuai keinginan.



sekian semoga bermanfaat....

Wassalamualaikum wr.wb


SALAM REZPECT.....

Kamis, 13 Maret 2014

UJIAN NASIONAL (UN) TAHUN 2014

Assalamualaikum WR.WB




     Ujian Akhir Nasional, berasal dari tiga kata yaitu ujian yang memiliki arti hasil menguji sesuatu yang dipakai untuk menguji mutu sesuatu kepandaian, kemampuan hasil belajar. Akhir memiliki arti selesai, pungkasan, tamat. Dan nasional berarti kebangsaan, mencakup bangsa, bersentral pada pemerintahan pusat.
Ujian Akhir Nasional (UAN) yang sekarang bernama Ujian Nasional, dapat diartikan sebagai hasil menguji mutu suatu kepandaian untuk memperoleh hasil belajar yang dilakukan pada akhir jenjang pendidikan yang bersifat nasional.
Ujian Nasional (UN) adalah kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi peserta didik pada beberapa mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka menilai pencapaian standar nasional pendidikan.
Pemerintah mengadakan ujian akhir nasional dengan memberikan standar atau patokan itu digunakan sewaktu-waktu tingkat pencapai standar perlu mengetahui sampai dimana efektivitasnya.
Sejak kemerdekaan, bentuk evaluasi belajar tahap akhir yang diberlakukan oleh pemerintah terhadap lembaga-lembaga pendidikan formal, paling tidak, ada tiga macam bentuk, seperti Ujian Negara, Ujian Sekolah, Ebtanas, dan Ujian Nasional.
 
sumber ; http://www.referensimakalah.com/2013/04/pengertian-ujian-akhir-nasional.html

pengertian POST

       Assalamualaikum WR.WB

ketemu lagi brother dengan saya dipostingan saya, saya akan menjelaskan sedikit tentang pengertian POST


        Power-on Self Test (disingkat menjadi POST) adalah sekumpulan rutin-rutin khusus yang dijalankan selama proses booting komputer pribadi/PC yang disimpan di dalam ROM. Rutin-rutin ini didesain untuk melakukan pengujian terhadap kesehatan sistem komputer, apakah komponen berjalan dengan benar sebelum BIOS memulai sistem operasi. Yang dilakukannya adalah mengecek jumlah RAM, keyboard, dan perangkat media penyimpanan (disk drive). Jika sebuah kesalahan terdeteksi oleh POST, maka sistem umumnya akan menampilkan beberapa kode kesalahan, yang dinyatakan dengan bunyi-bunyian (atau beep) yang menunjukkan letak kesalahannya namun selain bunyi beep komputer jga bisa mengeluarkan peringatan pada layar monitor dengan berupa teks. biasanya peringatan berupa teks pada monitor lebih mudah dipahami oleh user. Setiap kesalahan memiliki pola bunyi beep-nya sendiri-sendiri, dan berbeda antar BIOS yang digunakan.


sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Power-on_self_test