Manajemen pemasaran merupakan sebuah art
dan science. Sebagai sebuah art,
manajemen pemasaran bersifat unik untuk setiap organisasi, sebagai sebuah
science, ada sebuah prosedur yang sudah baku dan bisa diikuti oleh setiap
organisasi. Bagaimana menurut anda, menggabungkan art dan science dalam
mengembangkan strategi pemasaran yang baik?
Dalam mengembangkan strategi pemasaran yang baik pemasar harus menggabungkan antara Art dan Science. Bagi sebagian pemasar, marketing lebih merupakan Art dibandingkan science dimana pengalaman, intuisi, firasat dan persepsi subyektif lebih digunakan untuk pengambilan keputusan marketing. Tetapi terdapat beberapa kelemahan apabila keputusan marketing hanya berdasar Art saja antara lain beresiko untuk gagal yang besar, tidak bisa digeneralisasi dan Art adalah tacit knowledge yang sulit untuk didistribusikan kepada orang lain. Disinilah marketing science diperlukan dimana cara berpikir atau metode yang didasarkan pada data dan teori yang obyektif untuk meningkatkan akurasi dan effektifitas sebuah keputusan marketing diterapkan.
Dalam mengembangkan strategi pemasaran yang baik pemasar harus menggabungkan antara Art dan Science. Bagi sebagian pemasar, marketing lebih merupakan Art dibandingkan science dimana pengalaman, intuisi, firasat dan persepsi subyektif lebih digunakan untuk pengambilan keputusan marketing. Tetapi terdapat beberapa kelemahan apabila keputusan marketing hanya berdasar Art saja antara lain beresiko untuk gagal yang besar, tidak bisa digeneralisasi dan Art adalah tacit knowledge yang sulit untuk didistribusikan kepada orang lain. Disinilah marketing science diperlukan dimana cara berpikir atau metode yang didasarkan pada data dan teori yang obyektif untuk meningkatkan akurasi dan effektifitas sebuah keputusan marketing diterapkan.
Seorang pemasar harus mengetahui
definisi dari marketing sendiri. Dari buku Marketing Management yang ditulis
oleh Philip Kotler dan Kevin Lane Keller : Marketing
berarti aktivitas dan proses untuk melakukan komunikasi, mengantarkan dan
saling tukar-menukar yang memiliki nilai lebih bagi customer, klien, partner
dan masyarakat secara umum. Hal lain seorang pemasar juga harus memahami
produk atau jasa apa yang kita pasarkan apakah berupa produk, jasa, even,
pengalaman, tempat, informasi, orang (artis atau public figure) atau sebuah ide, mengetahui konsep pemasaran ideal,
kenyataan pasar saat ini dan juga kemampuan perusahaan. Oleh sebab itu
marketing adalah sebuah kolaborasi antara Art
dan Science dan bukan melulu tentang
berjualan produk atau jasa.
Konsep pemasaran tidak bisa dipandang sebagai aspek yang sempit yaitu
penjualan, namun konsep pemasaran harus dipahami sebagai konsep untuk memahami
konsumen dengan baik. Menurut anda, konsep pemasaran yang ideal bagaimana?
Konsep pemasaran muncul pada
pertengahan tahun 50-an dengan konsep memahami konsumen dengan baik. Merasakan
kebutuhan konsumen dan meresponnya dengan baik. Pekerjaan utama pemasaran
bukanlah menemukan customer yang tepat untuk produk Anda tetapi produk yang
tepat untuk customer Anda. Sebagai contoh Dell tidak menyediakan computer yang
sangat sempurna untuk target marketnya tetapi menciptakan produk platform yang
dikostumisasikan sesuai dengan kebutuhan customer. Konsep pemasaran
berorientasi konsumen ini sebenarnya perkembangan dari konsep pemasaran
sebelumnya yaitu :
a. Konsep
orientasi produksi, konsep paling tua dalam dunia
usaha. Dimana bisnis berorientasi pada efisiensi produksi, biaya rendah dan
distribusi masal.
b. Konsep
orientasi produk dimana produk berkualitas memegang
peranan penting dimana produk yang menarik dapat menjual dengan sendirinya
tanpa iklan dll.
Pada abad 21 ini berkembang konsep
marketing yang lebih cocok untuk pasar yaitu konsep holistik marketing. Yang
dimaksud dengan holistik marketing adalah semua yang berhubungan dan penting
dalam marketing atau semua elemen yang saling terintegrasi untuk melakukan
pemasaran yang ideal.
Berikut penjelasan tiap elemen
dalam holistik marketing :
- Integrated Marketing adalah aktivitas untuk mengkomunikasikan, mendeliver sebuah produk lebih dari value yang didapatkan oleh customer
- Internal Marketing adalah kegiatan merekrut, melakukan training dan memotivasi karyawan untuk melayani customer dengan baik. Didalam konsep internal marketing, marketing bukanlah divisi tunggal tetapi lebih kepada seluruh kesatuan elemen perusahaan
- Performance Marketing adalah memonitor kondisi finansial dan keuntungan finansial dari aktivitas marketing.
- Relationship Marketing berguna untuk tetap menjaga agar relasi dengan customer untuk tetap mencapai kestabilan dalam bisnis.